Latar Belakang

Indonesia mempunyai sumberdaya yang cukup untuk menjamin ketahanan pangan dan energi bagi seluruh rakyatnya. Potensi Indonesia dalam bidang pangan dan energi sangatlah besar.  Beraneka plasma nutfah dan sumberdaya alam dapat dikelola menjadi sumber pangan dan energi untuk kesejahteraan rakyat.

Pangan dan energi adalah penopang utama pembangunan dan simbol kemakmuran bangsa.  Inovasi Sains & Teknologi (SATEK) memainkan peranan penting dalam upaya Indonesia mencapai ketahanan pangan dan kemandirian energi.  Di tangan para pakar dan praktisi, SATEK dapat digunakan sebagai alat untuk menemukan, mengembangkan dan mempercepat upaya pencapaian peningkatan kesejahteraan umat manusia dengan konsep-konsep berwawasan lingkungan.

Dalam upaya mengumpulkan dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian SATEK yang mendukung upaya pencapaian ketahanan pangan dan kemandirian energi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lampung menyelengaraan Seminar Nasional Sains & Teknologi VI.

Seminar Nasional Sains & Teknologi merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian Universitas Lampung, dan telah dilaksanakan selama 5 kali.  Kegiatan ini telah menjadi acuan banyak pihak untuk melihat perkembangan isu SATEK terkini karena setiap tahunnya melibatkan lebih dari 200 orang praktisi, peneliti, akademisi, mahasiswa, industri dan pemerhati SATEK.

Pada Seminar Nasional Sains & Teknologi VI ini akan dipaparkan perkembangan terkini SATEK dengan mengundang pembicara yang berkompeten di bidangnya. Seminar ini diharapkan akan menjadi ajang diskusi, komunikasi dan pengayaan pengetahuan para peserta. Seminar yang akan melibatkan kalangan praktisi, peneliti, akademisi, mahasiswa, industri dan pemerhati SATEK ini juga diharapkan dapat berkontribusi untuk menangkap peluang-peluang dari perkembangan SATEK yang mendukung salah satu target pemerintah Indonesia untuk mewujudkan ketahanan pangan dan kemandirian energi.

Tinggalkan Balasan